Kamis, September 11, 2008

Lasagna Ala Shinta Macan :)

Ini isi dlm lasagna yg berlapis2 itu...kejunya meleleh, sayang pake kamera HP jd kurang mantab.
1 loyang besar lasagna siap utk dinikmati...sluuurrrppp...wanginya bikin ngiler duluan hehehe...ini msh fresh from the oven bgt!
Hai Ri...
Dah lama nih gag cooking, akhirnya tergelitik jg msk dapur lg secara lg ngidam berat sm lasagna dan tiap pergi mkn kluar pst lasagna yg dicari dan ouchhh mahal bgt utk seporsi kecil. Gag nendang d perut hehehe akhirnya biar bs makan lasagna smp puas ya hrs msk dapur alias masak sendiri...
Smpt deg2an bgt secara gw ga pernah masak lasagna sblmnya, ga tau bahan2nya pula... Akhirnya setelah memantabkan hati dan mengusir kemalasan ini pergi jauh2, gw mulai browsing d internet, nyari2 resep lasagna, dan blogwalking jg ke blog2 org yg emang suka masak. Gw kumpulin tuh resep2 yg ada d internet... dan setelah sadar taraaaaaaaa... ada kali 20 an resep lasagna... Dieeeennnnggggg gw jd bingung mau pake resep yg mana... alhasil smlman gw bolak balik tuh resep, gw cocok2in sm lidah gw, klo gw gag resep ya gag gw pake resepnya hehehe...
Akhirnya setelah menentukan pilihan dan sedikit modifikasi sana sini pergilah gw berbelanja... Krn gw gag suka ke pasar ya akhirnya pergilah ke Giant dan Carrefour (di Carre4 cm beli kulit lasagnanya aja hehehe soalnya d Giant habis kulitnya).
Sabtu pagi, gw bangun pagi bgt smp org2 rmh bingung secara gw klo libur pst bgn siang2 bgd...
Jam 7 gw ud masuk dapur...siap2 berperang dgn perkakas dan bahan2 makanan...
Ini dia resep ala gw:
- Bahan kulit:
1/2 kotak kulit lasagna (kira2 12 lembar) -> d rebus kira2 10 mnt dlm 2 liter air yg ud diksh minyak biar kulitnya gag lengket. Trus d angkat dan tiriskan.
- Bahan Isi Daging:
2 sdm minyak grg
2 siung bawang putih cincang
1 buah bawang bombay cincang
500 gr daging sapi cincang
500 gr tomat, kupas kulitnya, cincang
1 kaleng pasta tomat ukuran kecil
100ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano
1 sdt basil
2 sdt gula pasir
Karena gw gag punya oregano dan basil jdnya gag gw pake... utk garem dan gula jika rasa msh kurang pas bs ditambah sesuai selera deh...
Cara masak:
Panaskan minyak, tumis bawang2an smp layu, masukin daging aduk hingga berubah warna kecoklatan, masukin tomat, pasta dan air. Lalu masukkan garam,gula,merica. Masak smp kental.
- Bahan Saus Keju:
50gr mentega
50gr terigu
50ml susu cair
125gr cheddar parut
1/4sdt merica bubuk
1/4sdt pala bubuk -> kmrn aku gag pake krn kelupaan hehehe...
Cara masak:
Lelehkan mentega, masukkan terigu, aduk hingga rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk d atas api kecil hingga gag menggumpal. Masukin keju dan merica. Setelah rata angkat.

- Bahan Taburan:
250gr keju mozarela parut -> 200gr aja kyknya cukup deh biar toppingnya gag terlalu keras
50gr keju parmesan parut
- Finishing:
Olesi pinggan tahan panas dgn mentega
Masukkan 1/3 bagian kulit lasagna (diatur yg rapi)
Masukkan 1/2 bagian isi daging dan 1/2 bagian saus keju. Ulangi smp semua bahan habis
Taburi keju mozarela dan parmesan
Panggang dlm oven kira2 30 menit smp matang dan berwarna kecoklatan
Siap2 utk dinikmati deh hehehe
Tips:
Kalo lasagnanya blm habis dimakan, dimasukkan ke dlm kulkas. Pas mau d makan tinggal dipanaskan dlm oven atau microwave sekitar 1 menit smp meleleh lg tuh lasagnanya hmmm...lazis...hehehe...
Owiyah lasagna ini bs tahan lama klo d kulkas. Kmrn lasagna gw smp 4 hr d kulkas msh uwenak bgd hehe...
Kata org2 rmh dan bbrp tmn gw yg ud nyoba sih enak jdnya... Puji Tuhan bgt hasilnya gag mengecewakan.
Klo kt nyokap sih klo bs dagingnya d banyakin aja jgn tomatnya yg bnyk hehehe...
Yowes deh sekian dl percintaan kita dgn lasagna... ntar klo gw gag males buwad cooking2 lg, ya gw posting lg dech...see ya...

Label: